Peradaban Cina

Cina merupakan salah satu peradaban tertua di dunia yang masih ada hingga kini. Peradaban ini terdiri atas sejarah dan budaya beberapa negara yang ada sejak enam abad. Cina memiliki sistem penulisan yang konsisten sejak dahulu dan masih digunakan hingga kini. Banyak penemuan-penemuan penting bersumber dari peradaban Cina kuno, seperti kertas, kompas, serbuk mesiu, dan materi-materi cetak.

peradaban Cina kuno dimulai dari muara Sungai Kuning (Hwang-Ho, sekarang bernama Huang-He). Sungai Kuning bersumber di daerah pegunungan Kwen-Lun di Tibet. Setelah melalui daerah pegunungan Cina Utara, sungai panjang yang membawa lumpur kuning itu membentuk dataran rendah Cina dan bermuara di Teluk Tsii-Li di Laut Kuning.

Daerah lembah Sungai Hwang-Ho subur dikarenakan lumpur kuning yang dibawa oleh sungai tersebut. Tetapi, pada musim dingin air sungai Hwang-Ho membeku dan mengakibatkan masyarakat Cina kesulitan untuk melaksanakan kehidupannya. Sedangkan saat musim semi tiba, salju mencair dan menimbulkan air bah serta menggenangi dataran yang sangat luas.
Sebagai sebuah peradaban tertua yang bertahan hingga kini, berbagai macam dinasti silih berganti pernah menancapkan kekuasaannya di daratan Cina. Dinasti-dinasti yang diketahui pernah berkuasa di Cina, antara lain Dinasti Shang, Dinasti Yin, Dinasti Zhou, Dinasti Qin, Dinasti Han, dan Dinasti Tang.

Dinasti Shang merupakan dinasti pertama yang berkuasa di Cina. Berdasarkan cerita rakyat Cina, pada zaman dinasti Shang telah berkembang sistem kepercayaan memuja para dewa. Dewa tertinggi bernama Dewa Shang-Ti. Dinasti Shang berakhir sekitar tahun 1766 SM dan digantikan oleh dinasti Yin yang berkuasa antara tahun 1700-1027 SM. 

0 komentar:

Posting Komentar