Acara Televisi yang Layak untuk Anak Sebagai Penunjang Pendidikan Usia Dini



Kegiatan menonton televisi bisa dikatakan sebagai kegiatan rutin setiap keluarga yang ada di Indonesia. Setiap anggota keluarga pasti memiliki waktu tersendiri untuk menikmati acara favorit mereka, tak terkecuali anak-anak. Setiap keluarga tentu saja telah memiliki filter sendiri mengenai tontonan yang dibolehkan bagi anak-anak mereka.
Tetapi siapa yang bisa mencegah apabila anak-anak ditinggalkan di rumah bersama orang lain yang tidak mengerti aturan yang telah ditetapkan orang tuanya sehingga anak-anak bisa saja melihat acara televisi yang harusnya belum boleh mereka saksikan. Apalagi bila tontonan itu butuh pendampingan dan penjelasan orang tua, jarang ada orang tua bersedia menemani anak nonton televisi lalu menjelaskan maksudnya. Padahal televisi bersifat satu arah dan sulit ditemukan acara berkualitas sekaligus mendidik. Sering kita jumpai tayangan yang lebih ke arah komersial, asal laku. Menghibur apalagi mendidik entah masih ada dalam pertimbangan atau tidak. Masalah ini bukan menjadi “PR” pribadi orang tua sebagai pengawas anak-anak mereka namun setiap stasiun televisi juga mempunyai andil yang cukup penting dalam mengatur penyajian setiap acara televisi yang ada.
Stasiun televisi sebagai penyaji hiburan maupun informasi yang sangat dibutuhkan masyarakat. Bagi setiap stasiun televisi acara yang “baik” adalah acara yang memiliki rating tinggi. Namun harusnya rating tinggi tersebut dibarengi dengan meningginya kualitas yang terkandung dalam setiap acara yang disiarkan. Setiap stasiun televisi juga harus bisa mengatur jadwal yang tepat sesuai jam-jam aktif pemirsa yang sedang menyaksikan acara mereka, seperti saat jam pulang sekolah atau saat sore hari stasiun televisi bisa menayangkan acara anak-anak karena pada jam itu mereka mempunyai banyak kesempatan menonton televisi. Pada jam keluarga dimana semua anggota keluarga sedang berkumpul dan menyaksinkan televisi bersama harusnya ada acara yang bisa dinikmati bersama oleh setiap anggota keluarga. Namun pada kenyataannya stasiun televisi hanya mementingkan rating saja tanpa melakukan perbaikan kualitas terhadap setiap acara yang ada. Acara anak-anak malah ditempatkan di jam pagi dimana anak harusnya sedang bersiap-siap untuk pergi ke sekolah, sedangkan pada siang atau sore hari justru sangat jarang acara yang bisa dinikmati oleh anak-anak. Pada tahap selanjutnya setelah stasiun televisi berhasil menayangkan acara mereka maka akan diawasi oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Acara-acara yang menunjang pendidikan adalah sebagai berikut:
1. Laptop Si Unyil
Acara ini layak untuk ditonton untuk semua kalangan umur termasuk anak-anak karena menampilkan berbagai pengetahuan yang sangat berguna bagi anak. Anak-anak dapat mengetahui secara langsung sebuah kegiatan yang tidak dapat mereka jangkau di kehidupan sehari-hari mereka. Namun pada acara ini, mereka dapat menyaksikan tahap-tahap pembuatan atau pengolahan sesuatu yang ada di sekitar mereka seperti pembuatan sosis, keju, sandal, sepatu, lukisan, dan lain-lain. Acara ini penulis katakan layak sebagai tontonan penunjang pendidikan anak karena dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman yang menarik bagi anak.
2. Dunia Binatang
Acara ini layak untuk ditonton untuk semua kalangan umur termasuk anak-anak karena menampilkan berbagai pengetahuan yang sangat berguna bagi anak yaitu pengetahuan tentang kehidupan binatang mulai dari masa reproduksi, pendewasaan serta kegunaan bagi kehidupan manusia.
3. Majalah Pagi
Acara ini layak untuk ditonton untuk semua kalangan umur termasuk anak-anak karena menyajikan informasi-informasi unik yang jarang diketahui oleh anak-anak sehingga dapat menambah wawasan mereka.
5. Disney Junior
Acara ini layak untuk ditonton untuk semua kalangan umur termasuk anak-anak karena acara memang diperuntukkan untuk menghibur anak-anak. Berbagai kartun yang ada pada disney junior antara lain Doc Mcstuffi, Sofia the first, dan Sheriff challie wild west.
6. Kartun Malaysia
Acara ini layak untuk ditonton untuk semua kalangan umur termasuk anak-anak karena kartun ini mengajarkan perilaku yang sopan sehingga dapat menjadi panutan anak dalam berperilaku sehari-hari. Kartun Malaysia terdiri dari acara upin, ipin dan kawan-kawan serta acara pada zaman dahulu kala.

7. Adit Sopo Jarwo
Acara ini layak untuk ditonton untuk semua kalangan umur termasuk anak-anak karena kartun ini merupakan kartun yang dibuat oleh Indonesia yang bisa dibilang berkualitas. Bercerita tentang kehidupan anak pinggiran Jakarta yang dipenuhi dengan kegiatan seru, menarik, dan menghibur.
8. Curios George
Acara ini layak untuk ditonton untuk semua kalangan umur termasuk anak-anak karena kartun ini menceritakan rasa ingin tau george yang kemudian ia mencari tau dan mempelajari hal-hal tersebut.
             9. Ragam Indonesia
Acara ini layak untuk ditonton untuk semua kalangan umur termasuk anak-anak karena acara ini menceritakan hal-hal unik yang dimiliki oleh Indonesia yang belum diketahui oleh masyarakat luas termasuk anak-anak. Jika belum mampu keliling Indonesia, tonton lah acara ini. Anda akan mendapatkan pengetahuan mulai dari asal usul nama berbagai daerah wisata di Indonesia, hingga asal-usul dan cara membuat kuliner khas berbagai daerah di Indonesia.
10. Si Bolang
Acara ini layak untuk ditonton untuk semua kalangan umur termasuk anak-anak karena acara ini menyajikan kehidupan anak yang ada di pedesaan ataupun di pedalaman. Keseruan permainan yang mereka lakukan yang masih menggunakan mainan tradisional dan memanfaatkan alam. Acara ini bagus untuk anak-anak kita yang lahir di perkotaan, agar tidak sombong, sok pintar, ataupun manja. Menonton acara ini dapat membangkitkan jiwa petualang mereka, karena mereka akan melihat teman-teman se baya nya di pedesaan yang telah mampu mencari makanan sendiri di hutan, menangkap ikan di sungai atau belut di sawah, memanggang dan memakannya rame-rame bersama teman-teman. Ini adalah acara yang paling baik untuk anak-anak yang keranjingan video game, agar mereka mau belajar mencari permainan yang lebih mendidik.
11. Net 86
Acara ini layak untuk ditonton untuk semua kalangan umur termasuk anak-anak karena  mengajarkan tentang kegiatan polisi dalam menjalankan tugas kepolisian. Anak dapat mempelajari untuk mentaati segala kegiatan yang tidak melanggar hukum, namun orang tua harus tetap mengawasi anak saat menyaksikan acara ini.
 

0 komentar:

Posting Komentar